Apple Bantah Isu Terkait Terancamnya Akun iCloud

Apple menyanggah klaim group hacker yang mengatakan kalau mereka sukses memperoleh akses ke jutaan akun iCloud.

Dalam satu pernyataan pada Fortune, juru bicara Apple berkata, tak ada system perusahaan yang diretas, termasuk juga iCloud serta Apple ID. Dia juga mengatakan, daftar password yang dipunyai group hacker ini datang dari service pihak ketiga lain yang pernah diretas.

Motherboard yaitu website awal yang melaporkan mengenai satu group hacker bernama Turkish Crime Family. Mengklaim mereka sudah mengambil data kian lebih 300 juta akun iCloud, mereka memohon tebusan pada Apple.

Group itu memohon duit sebesar USD75 ribu (Rp1 miliar) dalam Bitcoin atau Ethereum. Diluar itu, mereka juga terima tebusan berbentuk gift card iTunes sejumlah USD100 ribu (Rp1, 3 miliar). Mereka memberi saat pada Apple sampai 7 April untuk membayar duit tebusan, lapor The Verge.

” Aku cuma menginginkan memperoleh duit serta aku fikir ini yaitu berita yang bakal menarik perhatian banyak pelanggan Apple, ” tutur satu diantara anggota group hacker pada Motherboard.

Menurut Fortune, satu diantara service pihak ketiga yang Apple katakan datanya dipakai oleh group hacker ini yaitu LinkedIn. Banyak info password punya Turkish Crime Family yang sesuai sama info yang bocor saat system LinkedIn diretas pada 2012.

Bila klaim Apple benar, group ini tidaklah grup awal yang memakai data curian dari LinkedIn untuk menyerang perusahaan lain. Umumnya, hacker memakai data pelanggan yang sudah bocor untuk coba terhubung service lain punya korban atau mengklaim kalau info itu yaitu data curian untuk memohon tebusan pada perusahaan lain.

Walau tuduhan Turkish Crime Family benar, Apple menyampaikan, mereka mengawasi iCloud dengan ketat untuk menghindar pihak tak berwenang terhubung akun pelanggan. Diluar itu, mereka juga bekerja sama juga dengan pihak berwajib untuk menangkap dalang dibalik ancaman ini.

Baca Juga Harga Tentang Perlengkapan : Grociers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *