Kadar Vitamin Sayuran Hidroponik Lebih Rendah?

Walau mempunyai nilai gizi sama juga dengan sayuran yang ditanam dengan media tanah, kandungan karotenoid dalam sayuran hidroponik lebih rendah di banding dengan sayuran lewat cara tanam konvensional. Sekian paling tidak tersingkap dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry yang dipublikasikan pada th. 2003. Harga pupuk

” Bila kandungan karotenioid lebih rendah dari yang konvensional, bermakna masih tetap bagusan sayuran yang konvensional, dong? Begitu, masih tetap bagusan yang organik juga, ” kata Pakar Gizi Tempat tinggal Sakit Pusat Pertamina, dr. Titi Sekarindah, MS, SpGK waktu dihubungi Health Liputan6. com, Kamis (24/4/2014)

Karotenoid seperti beta-karoten serta lutein yaitu senyawa tanaman yang bisa berguna untuk kesehatan manusia. Cuma saja, tidak diklasifikasikan jadi vitamin atau mineral.

Sedang Titi menyampaikan, karotenoid yaitu senyawa kimia yang dapat dirubah jadi vitamin A. Keseluruhannya, ini dimaksud dengan anti-oksidan.

” Betakaroten rendah, vitamin-vitamin yang lain juga rendah. Atau mungkin saja satu diantara vitamin yang terdapat didalam sayuran hidroponik ada yang rendah, ” kata Titi memberikan.

Sayuran hidroponik bakal tumbuh dalam larutan cair yang memiliki kandungan mineral tanaman untuk berkembang. Dalam umumnya masalah, pertanian hidroponik ada di ruang tertutup dalam tempat tinggal kaca. Satu diantara misalnya yaitu Green House Marunda Hijau, Jakarta Utara.

Bekas Petani Hidroponik Green House Marunda Hijau, Didi menyampaikan, karna tak ada eksposur ke luar, sayuran hidroponik mungkin saja tidak membutuhkan pestisida membuat perlindungan tanaman dari serangga yang bakal masuk kedalam. Namun nutrisi yang dipakai dalam tanaman hidroponik memiliki kandungan sedikit kimia, yg tidak terserap di tanaman.

Terutama, apapun type sayuran yang diambil, dr. Titi mengingatkan untuk mencucinya lebih dahulu dengan air yang mengalir.

Kelompok terpenoid

Karotenoid yaitu kelompok senyawa kimia organik memiliki nutrisi yang ada pada pigmen alami tumbuhan serta hewan. Berdasar pada susunan kimianya, karotenoid masuk kedalam kelompok terpenoid. Karotenoid adalah zat yang mengakibatkan warna merah, kuning, oranye, serta hijau tua pada buah serta sayuran. Peranan utama karotenoid yaitu jadi agen anti-oksidan serta dalam system fotosintesis. Diluar itu, karotenoid dapat juga dirubah jadi vitamin esensial.

Ada sekitaran 600 karotenoid yang di kenal serta diketemukan pada tumbuhan. Sekitaran 25 type karotenoid pada makanan manusia diserap serta dibawa kedalam aliran darah. Karotenoid susah larut di air, tetapi terbaik larut dalam lipid. Karotenoid ditransportasikan pada badan oleh partikel cholesterol yang kaya lipid (LDL).

Karotenoid bukan sekedar diketemukan pada buah serta sayuran (tumbuhan), namun juga pada organisme lain seperti ganggang serta sebagian type bakteri fotosintetik, dan pada sebagian type fungi serta bakteri non-fotosintetik. Baca Juga : Cara Menanam Cabai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *