Startup Ini Gagal Mendapatkan Investor Gara-Gara Apple ?

Andy Rubin yang di kenal sebagai Ayah Android sudah sesumbar akan melaunching hp kompetitor Google Piksel serta iPhone mulai sejak sebagian bln. lantas, tepatnya di arena CES 2017, di Las Vegas, AS. Hp itu akan ada dibawah merk perusahaan Rubin yang baru, yaitu Essential.

Tetapi, harapan itu mesti kandas atau mungkin terlambat sampai saat yang tidak ditetapkan. Pasalnya, SoftBank yang diproyeksikan sebagai investor paling utama Essential mendadak mundur.

SoftBank awalnya setuju menggelontorkan dana sekitaran 100 juta dollar AS atau setara Rp 1, 3 triliun. Sistem investasi itu tuturnya tinggal selangkah lagi rampung, namun SoftBank membatalkannya dengan cara sepihak.

Menurut buah bibir yang berseliweran, pembatalan ini satu diantaranya dikarenakan oleh kedekatan SoftBank dengan Apple, seperti dilaporkan 9to5Mac serta dikumpulkan KompasTekno, Rabu (22/3/2017).

” SoftBank makin lama makin dekat dengan Apple serta memengaruhi investasinya ke startup hp buatan pencipta Android, ” kata sumber dalam.

Di ketahui, Apple menyimpan uang investasi sejumlah 1 miliar dollar AS atau sekitaran Rp 13 triliun untuk program SoftBank yang bernama ” SoftBank Vision Fund “.

Program itu adalah pembiayaan sejumlah 100 miliar dollar AS (Rp 1, 333 triliun) untuk industri tehnologi. Dalam soal ini, Apple meyakini investasinya ke SoftBank dapat berbuah manis untuk pengembangan tehnologi di hari esok pada umumnya.

Benar atau tidaknya pembatalan ini terkait dengan kedekatan SoftBank dengan Apple belum dapat di ketahui. Selama ini belum ada komentar resmi dari SoftBank, Apple, atau Essential, berkaitan argumen detil pembatalan investasi SoftBank.

Bila mengacu pada gagasan awal, Essential harusnya melaunching hp anyar pada pertengahan atau akhir th. ini. Kompetitor iPhone serta Piksel itu akan mengusung monitor melengkung 5, 5 inci tanpa ada bezel.

Rubin sendiri sampai kini dijuluki sebagai Ayah Android. Ia adalah pendiri Android Inc, yang lalu dibeli Google serta ” meledak ” jadi system operasi laku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *